Apa itu Unity 3D ?

Dipublikasikan oleh Akbar pada

unity3d segi empat

Apa itu Unity3D ? Unity 3D adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat game atau sering juga disebut dengan game engine. Pada dasarnya unity merupakan game engine yang berbasis 3D namun unity juga bisa digunakan untuk membuat game 2D.

untuk mendownload aplikasi unity3D dapat langsung mengunjungi website resminya unity3d.com, atau bisa klik link berikut:

download unity3d terbaru

download versi unity yang lain

Pengalaman Menggunakan Unity3D

Pertama kali mengenal software unity3D sejak tahun 2014 hingga sekarang. Versi unity yang pertama kali saya gunakan adalah Unity 4.2. Bagi saya saat itu unity adalah game engine paling mudah yang memiliki tools yang sangat lengkap dengan dokumentasi yang tersebar dimana-mana, sehingga untuk belajar pun sangat mudah.

Dengan unity saya sudah membuat berbagai aplikasi/games yang bisa kalian coba disini:

Portofolio BelajarKu

atau bisa langsung kunjungi playstore belajarku :

selain itu beberapa aplikasi yang sudah saya buat menggunakan unity3d pernah menjadi juara di beberapa kompetisi.

Saat menggunakan unity tentunya saya juga menemui beberapa kendala dan kelemahan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. tutorial dan dokumentasi memang sudah sangat banyak, tetapi untuk bahasa indonesia saat itu sangat minim. (untuk saat ini sudah sangat banyak)
  2. aplikasi yang dihasilkan cukup besar untuk game-game casual. jadi harus pinter-pinter me manage  objek dalam aplikasi
  3. perlu pengetahuan dasar programming
Kenapa saya memilih Unity3D? Apa Kelebihan Unity3D?

Bagi saya pribadi yang masih pemula dan baru belajar game development, dokumentasi dan tutorial adalah hal yang paling utama. Alasan kenapa saya memilih unity adalah memiliki dokumentasi yang sangat lengkap. tutorial juga sudah sangat banyak, sehingga sangat mudah untuk mempelajarinya.

Jika dibandingkan dengan game engine lain, menurut saya unity termasuk game engine yang memiliki tools dan library paling lengkap. Dukungan plugin dan sample project dari berbagai developer pun juga sangat banyak.

Selain itu unity memiliki 2 lisensi yaitu free dan pro, karena saat itu saya masih sebagai mahasiswa, maka free lisence adalah pilihan yang paling tepat hehe.

Unity juga support untuk build ke berbagai platform atau lebih sering di sebut multiplatform. Hal ini juga merupakan faktor yang membuat saya yakin untuk memilih unity sebagai tools saya sehari-hari. Dengan dukungan multiplatform kita bisa mem build aplikasi/game yang kita buat untuk berbagai platform seperti Android, IOS, Windows, WebGL, XBox, dll.

Apa Kelemahan Unity3D?

Unity3D sebagai game engine menurut saya tidak banyak memiliki kekurangan. Berdasarkan pengalaman saya, hanya ada 1 kelemahan yang paling terlihat. yaitu ukuran aplikasi hasil export/build yang cukup besar. Untuk hasil export 1 scene kosong tanpa game objek apapun, bisa mencapai sekitar 18mb.

Dimana Saya Bisa Belajar Unity3D

Ada banya alternatif untuk belajar unity, anda bisa mengikuti les dan semacamnya. tentunya dengan mengeluarkan uang yang lumayan.

Jika kalian adalah mahasiswa seperti saya dulu 😀 tentunya akan berat jika harus mengeluarkan uang. Saya dulu belajar otodidak dari internet dan teman-teman.

Untuk bagaimana saya belajar dulu bisa kalian lihat melalui link berikut:

Bagaimana Saya Belajar Unity3D Sebagai Indie Game Developer

Untuk kalian yang mau belajar secara gratis bisa langsung kunjungi link berikut:

Kumpulan Video Tutorial Unity3D

Belajar Unity3D untuk Pemula

Membuat Game Kuis Unity3D

Membuat Game Labirin Unity3D

Membuat Game Puzzle Unity3D

Terima kasih sudah berkunjug 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *